Tue. Jan 28th, 2020

KUKAKUKU

Portal Gaya Hidup Generasi Z dan Milenial

Yeay, Bayar Kereta Commuter Line Sudah Bisa Pakai LinkAja!

3 min read

Buat kamu para anker alias anak kereta atau pasker alias pasukan kereta, pasti nunggu-nunggu dong kehadiran pembayaran terbaru yang super memudahkan dan bikin simple. Gak perlu memiliki banyak kartu ataupun uang tunai. Tahu gak sih, desember ini ada sesuatu terbaru nih dari kereta Commuter Line buat para anker dan pasker. Yaitu pembayaran menggunakan aplikasi. Pokoknya bikin kalian simple banget deh dalam masalah pembayaran. Untuk top up pun bisa dimana aja, baik via bank maupun minimarket seperti indomaret dan alfamart. Apa sih yang terbaru dari Commuter Line? Yeay LinkAja sudah sudah bisa dipakai sebagai alat pembayaran di semua stasiun Commuter Line yang ada di Jabodetabek.

Simple apa repot?




Manurut kuka, ini sangat amat simple dibanding harus menggunakan tiket harian berjamin atau tiket e-money dari bank-bank yang bekerja sama dengan pihak Commuter Line. Bayangkan bagi kita yang sering teledor, sudah berapa kali kehilangan tiket harian berjamin atau e-money. Kalau kuka, duh sudah sering banget kehilangan emoney. Yang bikin sedihnya adalah habis di top up lalu itu e-money hilang atau terjatuh atau lupa menyimpannya. Sedih kan? Kuka sudah sering banget seperti ini. Dan selalu berharap ada pembayaran yang bisa menggunakan ponsel dengan memanfaatkan teknologi NFC yang ada di ponsel. Dan harapan kuka pun terkabul. Yeay, sekarang sudah bisa pakai LinkAja. Aplikasi pembayaran yang bisa di instal pada ponsel kita dan bisa digunakan untuk pembayaran di berbagai merchant offline maupun online. Jadi seru kan, uang kita hanya ada dalam satu dompet digital yaitu LinkAja dan bisa digunakan untuk pembayaran apa saja. Kalau pakai kartu e-money, itu uang kita terpisah-pisah. Karena untuk naik Commuter Line pakai e-money, untuk belanja di minimarket pakai e-money, tapi untuk belanja online atau naik ojek online kita gak bisa menggunakan e-money dan harus mengeluarkan uang lagi baik tunai atau top up dompet digital lain. Ribet kan! Uang kita jadi berantakan dimana-mana.

Bagaimana penggunaannya di Commuter Line?

Awalnya saya pikir LinkAja bakal memanfaatkan teknologi NFC yang ada pada ponsel, seperti dulu yang pernah dilakukan oleh T-Cash (sebelum berganti nama jadi LinkAja) menggunakan teknologi NFC untup tap di mesin EDC pada merchant saat pembayaran. Tapi teknologi berubah dari NFC ke sistem QR Code. Ya seperti yang sering digunakan oleh aplikasi-aplikasi pembayaran lain yang menggunakan teknologi QR Code sebagai media pembayarannya. Kita tinggal scan QR Code dan pembayaran pun berhasil diproses. Begitu juga dengan penggunaan LinkAja pada gate Kereta Commuter Line. Kita buka aplikasi LinkAja dan pastikan terkoneksi internet. Lalu goyangkan ponsel kita. Maka akan keluar sebuah QR Code sebagai media pembayaran. Pada gate in dan gate out, kita tinggal scan aja QR Code tersebut pada media scaner yang terdapat pada gate, maka dalam hitungan detik pintu akan terbuka.



Cara kerja sistem LinkAja sebagai berikut. Pertama kita scan QR Code pada gate in sampai pintu terbuka. Maka akan memotong saldo yang ada pada LinkAja dengan tarif jarak terjauh yaitu untuk saat ini Rp 13.000.- Lalu saat kita akan keluar, kembali kita goyangkan ponsel hingga keluar QR Code dan scan pada gate out hingga pintu terbuka. Setelah berhasil, maka LinkAja akan mengembalikan saldo kita setelah dipotong tarif perjalanan kita. Misalkan kuka dari Stasiun Parung Panjang akan menuju ke Stasiun Angke. Tarifnya adalah Rp 5.000,- maka saat kuka scan di gate out, saldo LinkAja punya kuka akan dikebalikan sebesar Rp 8.000,- dengan perhitungan tarif terjauh di kurangi dengan tarif stasiun tujuan (Rp 13.000 – Rp 5.000 = Rp 8.000).

Gate in/out scanner LinkAja
Barcode/QR Code untuk di scan
Berhasil memotong saldo LinkAja
Berhasil pengembalian saldo sesuai jarak tempuh

Semua kegiatan transaksi kita akan ada history-nya pada aplikasi LinkAja. Jadi kita bisa tahu dan bisa mengontrol biaya harian perjalanan kita nih sobat kuka. Menurut kuka, ini sangat membantu banget dengan kehadiran LinkAja sebagai media pembayaran di Commuter Line karena sebagai jiwa milenial yang ingin serba praktis dan tidak mau uang bercecer disana sini. Cukup satu aplikasi bisa untuk semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
WhatsApp chat