Kume Kataji, Fashion Lokal Anak Muda Yang Berkiblat Anak Muda Thailand

Jakarta (18/10/2019) Brand lokal pendatang baru yang berasal dari tanah priangan bumi pajajaran, akan segera mengisi pasar fashion tanah air. Kume Kataji, yups, nama brand baru dibidang fashion itu akan segera rilis dengan menghadirkan aneka fashion terkini dan bergaya anak muda Thailand. Wah, sangat cocok nih buat para sahabat milenial yang emang gaya berpakaiannya mengikuti trend anak muda Thailand untuk bisa memiliki koleksinya. Kabarnya, untuk saat ini koleksi yang akan dikeluarkan ke pasaran adalah koleksi pria. Namun tidak menutup kemungkinan jika melihar kondisi pasar yang bagus, Kume Kataji juga akan mengeluarkan koleksi untuk perempuannya. Hem, kita tunggu saja ya kabar selanjutnya mengenai produk yang akan dirilisnya.



Tapi ngomong-ngomong sobat kuka sudah tau belum apa itu arti Kume Kataji? Kalau dari namanya sih berbau jepang gitu ya? Tapi kenapa trend fashion-nya malah berkiblat ke negeri gajah putih ya, bukan ke negeri matahari. Jujur kuka juga bingung sih dengernya. Tapi rasa penasaran itu pun musnah ketika kuka berhasil ngobrol sama pemilik brand tersebut. Dan cukup terkejut sih dengar penjelasannya. Karena Kume Kataji itu adalah bahasa sunda. Serius? Yups, Kume Kataji itu di ambil dari bahasa sunda karena sang pemilik pun masih kelahiran dari bumi pajajaran alias orang sunda asli. Tak ingin melupakan tanah kelahirannya, bumi sunda, ia pun mengambil kata-kata berbahasa sunda untuk memulai bisnisnya. Walau kita ketahui sejumlah anak milenial yang memulai bisnis biasanya memakai kata yang berbau bahasa inggris. Tapi tidak dengan beliau yang tetap optimis ingin memakai bahasa ibunya sendiri yaitu bahasa sunda. Bahkan harapannya, brand-nya bisa dikenal sampai ke negeri tetangga.

Lalu apa sih arti Kume Kataji itu sendiri. Kenapa seperti berbau jepang gitu? Dan logonya pun berwarna merah bulat seperti bendera jepang. Apa hubungannya sama jepang? Sang pemilik pun membantah bahwa brand nya tidak sama sekali ada hubungannya dengan Jepang. Bahkan sang pemilik pun tidak begitu tertarik dengan hal-hal yang berbau Jepang. Justru sang pemilik malah sangat menyukai hal-hal berbau Thailand loh sobat. Mulai dari musik, budaya, film dan makanannya. Wah ternyata sama seperti Kuka ya yang juga suka sama negeri gajah putih itu.

Kume Kataji kalau kita artikan bisa berarti kamu harus beli karena akan membuat orang-orang terpikat sama kamu saat menggunakannya. Wah, panjang juga ya artinya. Sekarang mari kita bedah satu demi satu kata tersebut. Kume sebenarnya singkatan dari Kudu Meser yang artinya harus beli. Jadi katanya dulu sang pemilik awal mulai membangun usaha online atau ecommerce, menggunakan nama domain website-nya www.kudumesser.com. Namun ternyata nama tersebut tidak membawa hoki. Akhirnya mencari kata yang mudah diingat tapi masih dari bahasa sunda. Karena tujuan dia adalah untuk membuat orang terpikat dengan produk fashion-nya, terpikirlah kata KATAJI yang dalam bahasa Indonesia artinya terpikat atau terpesona. Jadi sang pemilik brand ingin orang-orang yang melihat brand fashion-nya terpesona saat pertama kali melihatnya. Lalu digabungkannya Kudu Meser dan Kataji yang kemudian agar lebih sederhana dan mudah diingat, Kudu Meser di singkat jadi Kume dan digabungkan dengan Kataji hinga jadilah nama Kume Kataji. Jadi begitulah arti dari brand Kume Kataji.




Trus arti logo merah dan putih itu sebenarnya walau pun Kume Kataji hanya sebuah brand lokal dan dari bahasa daerah, berharap dengan warna merah yang berarti menyala dan berani untuk bersaing dengan brand-brand lain yang menggunakan bahasa inggris. Jadi dari kejauhan, sudah sangat terlihat menyala dan penuh semangat yang berkorbar saat orang-orang melihat logo tersebut terpampang. Jadi sebenarnya sangat sederhana sih, tanpa ada unsur berbau jepang sama sekali. Kume Kataji adalah brand fashion lokal yang asli tanah air yang kibkat fashionnya adalah gaya anak-anak muda Thailand. Kenapa harus Thailand, karena menurutnya anak-anak muda Thailand walau pun semakin modern dari segi pergaulan dan gaya hidup, mereka masih tetap rendah hati dan berbudaya. Terbukti dengan tutur sapa dan kesopanan yang masih dipegang kuat oleh setiap anak muda disana. Sementara di banyak negara, anak-anak mudanya mulai terkikis arus modernisasi hingga melupakan budaya sendiri bahkan tidak ada lagi tatakrama dan kesopanan yang tertanam dalam diri mereka.

Hem, jadi makin gak sabar kan buat nunggu launching produk dari Kume Kataji. Dibikin penasaran deh sama brand satu ini. Oh ya, kalian tahu tidak, ternyata Kume Kataji mengeluarkan dua kategori fashionnya, yaitu Kuka dan Kuku. Hah!!! Jadi sebenarnya Kuka ini terlahir dari Kume Kataji? Kuka dan Kuku ini sebenarnya siapa? Tunggu di info selanjutnya ya…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *