Keunggulan Asuransi Swasta Dibanding BPJS

Dua jenis asuransi kesehatan di Indonesia berdasarkan badan penyelenggaranya adalah asuransi milik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan asuransi milik swasta. Dua-duanya tentu saja memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Bahkan banyak orang yang telah mendaftarkan diri dan keluarganya untuk kedua jenis asuransi kesehatan tersebut.

Kelebihan Asuransi Milik Swasta

Meski saat peluncurannya BPJS digadang-gadang bisa menggusur popularitas perusahaan asuransi swasta, pada kenyataannya produk asuransi kesehatan dari pihak swasta tetap mendapat animo cukup besar dari masyarakat. Adanya anggaran dari pemerintah untuk subsidi program BPJS membuat premi yang dibayarkan lebih kecil. Lalu, apa yang membuat orang bertahan pada asuransi kesehatan swasta?

  1. Bebas birokrasi yang berbelit-belit

Dengan menggunakan asuransi swasta, Anda dapat langsung mendatangi rumah sakit bahkan yang belum membangun kemitraan dengan penyedia asuransi Anda. Sedangkan untuk BPJS, akan membutuhkan waktu dan proses yang rumit karena memiliki sistem berjenjang. Pendaftaran asuransi swasta pun lebih mudah karena sudah banyak fintech. Sebagai contoh asuransi online tanamduit, hanya dengan menggunakan aplikasi asuransi Anda langsung aktif.

aplikasi tanamduit
  • Pilihan fasilitas kesehatan yang luas

Pilihan rumah sakit untuk asuransi kesehatan swasta lebih banyak jika dibandingkan dengan asuransi program BPJS. Bahkan, kebanyakan perusahaan asuransi swasta juga mengcover biaya pengobatan di rumah sakit luar negeri. Pilihan fasilitas kesehatan dari program BPJS sudah ditentukan dari awal dan akan memakan waktu jika Anda ingin dirujuk ke tempat lain.

  • Bisa double claim

Jika Anda telah terdaftar dalam asuransi swasta yang dibiayai tempat Anda bekerja dan sekaligus terdaftar dalam asuransi swasta secara pribadi, ketika asuransi kantor Anda tidak bisa mengcover keseluruhan biaya pengobatan Anda, maka Anda dapat melakukan double claim ke perusahaan asuransi agar mengganti kekurangan biaya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar asuransi kesehatan swasta yang mudah dan cepat, Anda bisa mempercayakannya pada perusahaan fintech yang menyediakan pelayanan berbasis online seperti tanamduit. Untuk mengetahui lebih detail tentang aplikasi asuransi dan investasi tanamduit, Anda bisa mengunjungi http://id.tanamduit.com/sbn atau mengunduh aplikasinya di PlayStore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *