Wed. Feb 5th, 2020

KUKAKUKU

Portal Gaya Hidup Generasi Z dan Milenial

Ini Dia, Uang Tambahan Yang Bakal Bikin Kamu Kaya di Masa Muda!

4 min read

Anak muda wajib kaya. Iya gak sih? Karena banyak banget kesempatan anak muda dibanding dengan yang sudah lanjut usia. Jadi jangan kalah dan malas luangkan waktu untuk ngumpulin pundi-pundi uang selagi muda. Biar nanti tua tinggal menikmati hasilnya.

Lalu gimana caranya bisa menghasilkan uang? Waktu aja habis sama kegiatan sekolah, kuliah dan aktivitas lainnya. Tenang aja, banyak kok kegiatan yang menghasilkan uang tanpa harus menguras waktu muda kamu. Jadi kamu masih bisa tetap bermain, hang out, jalan-jalan bersama teman-teman kalian. Lalu apa saja yang bisa menghasilkan uang tanpa menghabiskan waktu bermain kamu?

Jadikan hobimu sebagai ladang uang

Kebayang gak sih ketika suatu hobi bisa menghasilkan uang? Nah, kalian bisa manfaatkan hobi kalian itu untuk jadi ladang uang. Misal kalian yang hobi main musik, kalian bisa asah terus kemampuan kalian. Dengan semakin matang dan mahir kalian bermain musik, peluang untuk terjun ke dunia musik akan semakin terbuka. Untuk melatih keberanian kalian tampil di publik, kalian bisa mengikuti festival musik mulai dari yang kecil dulu, yang penting kalian sudah bisa punya jam terbang dan keberanian. Kalian bisa mengisi acara-acara nikahan atau pesta lainnya dan jangan perdulikan dengan bayaran yang murah, karena bayaran yang mahal itu adalah pengalaman. Jangan lupa semua kegiatan kalian bermusik bisa kalian share di media sosial agar nama kalian bisa dikenal setidaknya untuk daerah kalian sendiri. Jika kualitas kalian baik dan unik serta menarik, akan banyak pengikut kalian di sosial media. Dan mulai lah coba menawarkan diri untuk jadi pengisi di cafe-cafe. Jangan terlalu memikirkan bayaran, biarlah mengalir terlebih dahulu. Nanti jam terbang kalian yang akan membayar kalian mahal.

Kalau kalian hobi fotografi, kalian bisa manfaatkan hobi ini dengan menjadi fotografer freelance. Banyak kok orang-orang yang membutuhkan jasa fotografer, apalagi jika harga yang kalian tawarkan murah tapi kualitas yang dihasilkan sangat memuaskan. Mulai aktif di sosmed terutama instagram. Upload semua karya kalian ke instagram. Jangan lupa setiap akan upload foto, kalian harus menyertakan hastag yang sesuai dengan foto kalian agar mudah ditemukan orang. Atau kalian bisa buka jasa sewa kamera. Lumayan loh!




Buat kalian yang hobi menulis, kalian bisa menjadi penulis lepas. Kalian bisa menulis cerpen lalu di kirim ke media, atau kalian bisa menjadi penulis buku. Untuk menjadi penulis buku tidak lah segampang yang kita pikirkan. Tidak hanya menulis lalu kita bawa ke penerbit dan langsung terbit begitu saja. Tulisan kalian akan di review. Jika menarik dan tulisan kalian berkualitas dan berbobot, bisa saja lolos. Tapi jika tidak lolos, kalian bisa mencobanya dengan self pubishing. Sekarang sudah banyak penerbit-penerbit self publishing dan kalian bisa memanfaatkan momen ini. Sudah banyak kok penulis terkenal yang berawal dari self publishing. Semuanya tergantung dari isi buku kalian dan cara promosi kalian. Karena self publising sepenuhnya kalian yang mengelolanya mulai dari pembuatan cover, isi buku dan promosinya.

Jualan Online, bisa jadi sumber uang

Jualan onlie bisa jadi pilihan juga. Kalian bisa manfaatkan instagram atau pun sosial media kalian lainnya untuk bisa menghasilkan uang denga  jualan online. Jika kalian tidak memiliki barang-barang yang akan di jual, kalian bisa dengan menhadi reseller ataupun dropshiper. Untuk teknik reseller dan dropshiper akan saya bahas nanti ya pada artikel berikutnya.

Selain media instagram, kalian bisa manfaatkan website besar marketplace untuk jualan seperti tokopedia maupun bukalapak. Kalian bisa cari supplier di situs tersebut. Cari dengan harga yang murah dan banyak penjualannya. Lalu kalian buat toko sendiri dan upload ulang foto yang kalian ambil di salah satu supplier yang ada di tokopedia atau bukalapak. Kalian bisa naikan harga, tetapi jangan terlalu mahal. Misal kalian ambil margin 10 s/d 20 ribu. Karena kelemahan di marketplace, kalian akan perang harga dengan barang-barang yang sama.

Kerja paruh waktu

Kerja paruh waktu bisa menjadi pilihan. Buat kalian yang superaktif, bisa mencoba ambil kerja paruh waktu. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan karyawan yang statusnya masih mahasiswa. Terutama untuk menjadi SPG/SPB event-event besar setiap bulannya. Kalau kalian sudah bisa tergabung dalam satu event, kalian biasanya akan banyak tawaran kerja paruh waktu. Ketika yang ini selesai, kalian akan ditawari untuk event lain. Atau kalian bisa memilih untuk kerja paruh waktu di restoran cepat saji, entah jadi pelayan, delivery ataupun di bagian dapur. Ambil saja, karena ini akan menjadi langkah awal kalian terjun ke dunia kerja. Semakin banyak pengalaman kerja kalian, maka ketika kalian lulus kuliah, semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Perusahaan biasanya lebih menyukai calon karyawan yang sudah berpengalaman, entah itu masih satu bidang atau tidak. Yang jelas karyawan berpengalaman mentalnya lebih kuat dan cepat beradaptasi dengan lingkungan. Cepat dan tanggap dalam menghadapi masalah.



Nah, itu beberapa tips untuk kalian mendapatkan uang di masa muda kalian yang super sibuk. Jangan lupa, hasil dari kerja kalian, sisihkan atau tabung semuanya melalui investasi. Jika belum paham investasi, bisa baca artikel ini Anak Muda Punya Gadget Canggih? Ah Biasa. Anak Mudah Punya Investasi? Wuiiih Luar Biasa!!! Jangan di tabung di bank. Pilihlah investasi reksadana, karena hanya dengan modal 100 ribuan bahkan 10 ribuan pun kalian sudah bisa berinvestasi reksadana. Gunanya investasi, agar hasil simpanan uang kalian bisa tumbuh secara perlahan, dibanding ditabung di bank yang akan digerogoti biaya admin, dan perlahan-lahan tabungan kalian akan menipis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
Chat With Us whatsapp