Wed. Jan 29th, 2020

KUKAKUKU

Portal Gaya Hidup Generasi Z dan Milenial

Ini Alasan Kamu Wajib Ke Bangkok, Thailand

7 min read

Ada yang lagi pingin ke Bangkok? Yups, akhir-akhir ini Bangkok selalu jadi tujuan untuk berlibur para turis dunia, salah satunya Indonesia. Memang Bangkok sedang jadi idola para pelacong dunia nih guys. Termasuk Kuka dan Kuku yang seneng banget kalau di ajak jalan ke Bangkok sana. Banyak hal yang bisa kita dapatkan disana dan tidak kita temukan di negeri lain loh. Apa aja sih kekuatan negeri pemilik aktor tampan Mario Maurer ini?

Wisata Kuliner




Jangan ditanya lagi deh kalau kulineran di negeri gajah putih ini. Super berlimpah makanan rempah-rempah dan buah serta sayuran segar disana. Makanan apapun ada disana. Mau dari yang biasa sampai makanan ekstrim pun juga tersedia loh. Untuk harga, jangan ditanya. Cukup kok buat kantong anak milenial seperti kita ini. Karena nilai tukar rupiah dan baht tidak terlalu jauh selisihnya. Oh ya, perlu kalian tahu, orang-orang Bangkok itu hobi sekali sama sayuran mentah dan buah-buahan segar loh. Kalau di Indonesia, lebih mirip sama suku yang menghuni pulau jawa bagian barat yaitu suku sunda yang tinggal di Provinsi Jawa Barat. Tahu kan kalau orang sunda itu terkenal banget sama makanan dan lalapannya. Nah hampir sama nih dengan Thailand. Jadi kalau buat orang sunda yang cari makan disana, gak akan heran dengan makanan-makanan dari sayuran mentah dan buah yang super segar hasil petani lokal Thailand. Dan untuk mencari makanan pun disana tidak susah. Hampir disemua Talad (pasar) banyak menjajakan makanan khas Thailand, seperti Salad, Tom Yam, Pad Thai, Som Tam, serangga goreng (wow), buaya panggang (uhuuu seram), Sticky Manggo Rice, Khao Tom, Khao Soi, dan masih banyak lagi. Halal gak tuh makanan? Tenang, walau pun Thailand penduduknya sebagian besar adalah beragama Budha, masih gampang kok menemukan makanan halal disana. Karena muslim disana merupakan penduduk terbesar kedua setelah Budha. Jadi banyak sekali warga-warga Thailand yang beragama muslim jualan makanan halal. Lalu dimana kita bisa menemukan pusat jajanan dan makanan khas Thailand itu?

Hampir disemua sudut kota, pusat perbelanjaan dan objek wisata banyak menjajakan makanan. Tahu sendiri kan Thailand sangat terkenal dengan pasar malamnya. Dan sudah pasti dipenuhi para turis yang berkunjung kesana. Pengalaman Kuka sih, rata-rata pasar malam disana selalu ramai oleh para turis dan juga penduduk lokal. Sebut saja salah satu tempat yang terkenal seperti Asiatique. Disini, kalian bisa menemukan aneka makanan yang dijual oleh penduduk lokal. Makanan halal dan non halal berjejer hampir disemua sudut toko. Harganya pun lumayan murah untuk ukuran kantong Indonesia. Kalau kalian lagi hunting baju fashion ala anak muda Thailand yang super murah, ada di Platinum Fashion Mall. Mall ini mirip banget dengan Pasar Tanah Abang loh. Dan serunya lagi, disepanjang jalan depan Mall, berjejer para penjual makanan-makanan segar dan khas Thailand. Yang paling Kuka suka sih Pad Thai, Ice Cream Batok Kelapa, Aneka Jus Buah Segar, dan Sticky Manggo Rice. Kalau ke Thailand, sudah pasti tidak pernah absen sama makanan-makanan itu. Soalnya enak banget sih. Yang paling Kuka suka lagi, kebetulan disana itu trotoarnya besar-besar dan juga banyak sekali Skywalk terbentang membelah sudut kota dan saling terhubung antara Mall dan stasiun BTS maupun MRT, jadi buat Kuka asik kalau berjalan kaki menyusuri sudut-sudut kota Thailand. Nah, kalau lelah dan haus, biasanya kuka beli mangga Thailand yang sudah diiris-iris dan dikasih garam yang sudah ditumbuk dengan cabai yang dijual di gerobak-gerobak pinggir jalan. Uhhh, enak bangeeeet. Manis dan gurih. Sumpah beda banget dengan mangga yang ada di Indonesia. Kalau haus, tinggal beli jus sayuran berwarna hijau. Gelaaaa sehhh, segar sampai ke tenggorokan gak henti-henti. Walau cuaca Bangkok memang cukup panas, tapi kedua makanan dan minuman itu mengalahkan teriknya matahari. Beneran loh, Kuka gak bohong.

Wisata Belanja




Loe suka belanja? Suka dandan? Hobi posting-posting foto di instagram dengan kostum yang keren dan kece? Gak salah banget berkunjung ke negeri yang memiliki sejuta film horor yang super keren ini. Di Bangkok kamu bisa kunjungi pusat-pusat perbelanjaan keren dan tentunya harga murah. Sebut saja ada pasar weeekend yaitu Cathuchak. Para pelancong mana yang tidak tahu pasar ini. Cathuchak merupakan salah satu pasar tradisional yang terletak di dekat area stasiun BTS dan MRT Mo Chit. Nyari fashion murah, disini tempatnya. Banyak sekali penjaja fashion di pasar yang hanya dibuka saat weekend doang. Selain fashion, banyak juga penjaja aksesories dan oleh-oleh khas Thailand. Namun untuk makanan, di pasar ini tidak terlalu banyak yang menjualnya.

Kalau kamu gak mau panas-panasan, meluncur saja naik BTS dari stasiun Mo Chit dan turun di stasiun Rachathewi. Dari stasiun tinggal jalan kaki ke jalan raya Phetchaburi. Jalan kaki sekitar 3 sampai 5 menit, kamu akan sampai disebuah pusat fashion yang mirip pasar Tanah Abang yaitu Platinum Fashion Mall. Mall ini menjual aneka fashion cewek maupun cowok dengan model terbaru dan harga tidak terlalu jauh dengan pasar tradisional Cathuchak. Bahkan kalau kamu pandai cari-cari barang yang murah, kamu bisa mendapatkan fashion yang sama persis di jual di pasar Cathuchak bisa lebih murah di Platinum Fashiom Mall. Kalau belanja disini, kamu harus sabar karena akan berdesak-desakan dengan pengunjung lain. Suasananya sama persis seperti Pasar Tanah Abang. Di Platinum, kamu bisa menjumpai makanan berlabel halal dan juga terdapat musolah untuk kamu menunaikan ibadah sholat zuhur maupun ashar. Kalau kamu mau lebih nyaman, kamu tinggal melipir deh melalui skywalk yang ada di dekat Platinum Fashion Mall. Maka di ujung skywalk, kamu akan melihat bangunan megah yaitu Central World. Mall ini cukup keren loh dan sering banget di adain acara-acara fashion show ataupun jumpa artis-artis terkenal Thailand. Untuk urusan harga barang yang dijual, sudah pasti lebih mahal dari Platinum Fashion Mall.

Dari Central World, kamu lanjut melipir menggunakan skywalk ke arah Siam. Siam ini merupakan pusat pertemuan dua jurusan BTS. Jadi kalau kamu dari Mo Chit mau pergi ke Wat Arun, kamu wajib transit disini dan pindah ke BTS jurusan Bang Wa. Di Siam, banyak sekali pusat-pusat perbelanjaan dan tempat nongkrong anak muda Thailand di dekat area stasiun. Selain itu ada juga Mall Siam Paragaon yang berhadapan dengan Siam Center. Dari Siam, kamu tinggal melangkah lagi sekitar 3 menit ke arah stasiun BTS National Stadium. Disana kamu akan ketemu arena atau spot yang cukup asik buat ambil gambar di area skywalk yang menghadap ke arah MBK. Jika lapar dan mau cari oleh-oleh, tinggal masuk ke MBK Center. Di mall ini banyak sekali pedagang yang menjajakan aksesoris dan juga fashion yang harganya tidak terlalu mahal. Serunya lagi, buat kamu yang beragama muslim, kamu bisa makan di area foodcourt MBK Center. Karena disini terdapat warung yang menjual makanan-makanan halal. Selain makanan, juga disediakan musolah untuk umat muslim menunaikan sholat. Memang Thailand sangat ramah terhaap muslim, karena banyak dijumpai makanan halal dan juga termpat beribadah umat muslim. Tak jauh dari MBK Center, kamu bisa masuk ke SIAM Discovery melalui skywalk yang ada di depan MBK. Di samping MBK Center sebelum stasiun BTS National Stadium, ada sebuah musium yang gratis buat para pengunjung, yaitu Bangkok Art and Culture Center.

Belum puas berbelanja di Siam, kamu bisa langsung meluncur naik BTS dari National Stadium menuju ke stasiun BTS Asok. Di dekat stasiun ini ada sebuah mall keren dan pastinya menjual barang-barang murah yaitu Mall Terminal 21 Bangkok. Mall ini cukup unik karena setiap lantainya bertemakan sebuah negara seperti London, Amerika, Jepang bahkan Istambul. Jadi dengan mengunjungi satu mall, kamu bisa berkeliling ke beberapa negara. Atau jika kamu belum puas dan ingin sesuatu yang lebih seru lagi, kamu bisa naik BTS kembali menuju stasiun Siam dan transit menuju stasiun BTS Saphan Taksin. Lalu pergi ke dermaga untuk naik perahu gratis nenuju icon siam. Icon Siam merupakan mall terbaru di Bangkok yang merupakan mall terbesar dan bahkan diklaim sebagai mall terbesar di Asia. Mall ini sangat megah dan mewah terlihat dari arsitektur bangunannya. Kerennya lagi, mall ini terletak di pinggir sungai Chao Phraya. Dari dalam perahu, kamu sudah bisa melihat bangunan megah yang didominasi warna keemasan. Jadi kalau kamu ke Bangkok, jangan lupa mampir ke mall ini.

Dari Icon Siam, lanjut lagi naik perahu gratis yang disediakan oleh pihak Icon Siam untuk kembali menuju dermaga Sathorn. Dari dermaga, tinggal naik perahu gratis tujuan Asiatique. Perahu ini tersedia pada pukul 17.00 waktu Bangkok sesuai dengan jam buka pasar. Asiatique merupakan pasar malam yang berada dipinggir sungai Chao Phraya. Pasar malam ini sangat terkenal sekali di kalangan para turis manca negera. Disini kamu akan banyak menjumpai cafe-cafe, penjaja makanan halal, fashion, dan pusat permainan. Jadi kamu wajib deh berkujung kesini kalau lagi berlibur di Thailand.

Wisata Lainnya

Selain wisata kuliner dan berbelanja, Thailand sangat terkenal sekali dengan wisata religinya. Kamu bisa berkunjung ke temple-temple yang sudah berumur sangat tua. Di sekitar sungai Chao Phraya, ada sebuah tempel Wat Arun. Temple ini sangat unik dan tentunya berbeda dengan yang ada di Indonesia. Jika di Indonesia kebanyakan temple atau candi terbuat dari bebatuan, sementara Wat Arun dibuat dengan batu bata yang dilapisi semen layaknya kita dalam membangun rumah atau gedung. Yang membuat uniknya adalah Wat Arun ini diukir menggunakan hiasan keramik yang menempel pada dinding-dinding candi yang berwarna putih. Sangat begitu rapi dan mengandung nilai seni yang tinggi. Untuk masuk ke Wat Arun, kita harus membeli tiket masuk sebesar 50 baht.

Dari Wat Arun, kita tinggal menyebrang menggunakan perahu dengan membayar sebesar 15 baht saja. Disana terdapat bangunan megah yaitu istana para raja yang dibuka untuk umum. Grand Palace adalah kompleks bangunan istana yang terletak di Thailand dan dianggap sebagai salah satu bangunan terindah yang ada di sana yang dibangun pada tahun 1782. Dahulu awalnya bangunan ini digunakan sebagai istana bagi para raja Thailand. Bangunan-bangunan yang ada di Grand Palace didominasi dengan warna-warna keemasan yang begitu menggoda dengan ukiran-ukiran yang sangat detil dan ruumit yang membuat bangunan-bangunan ini sangat ikonik di Thailand sehingga mengundang banyak para pelacong untuk mengunjunginya. Untuk bisa masuk ke area ini, kita harus membeli tiket seharga 500 baht.

Bersebelahan dengan Grand Palace, terdapat temple Wat Pho yang di dalamnya terdapat patung budha tidur yang sangat besar. Untuk masuk kedalam, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar 200 baht. Selain itu kamu tidak boleh menggunakan alas kaki saat akan masuk ke dalam. Jadi kamu akan disediakan kantong plastik untuk memasukan alas kakimu. Dan saat keluar dari Wat Pho, kamu harus mengembalikan kantong plastiknya.

Nah itu tadi beberapa pusat-pusat wisata baik kuliner maupun belanja yang harus kamu kunjungin saat menginjakan kaki di negeri gajah putih ini. Sebenarnya masih banyak lagi alasan lainnya yang membuat kamu harus mengunjungi Bangkok, Thailand. Selain banyak objek wisatanya yang sangat menarik, Thailand memiliki kebudayaan yang masih erat dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Penduduk yang ramah terhadap wisatawan dan juga banyak barang-barang atau oleh-oleh yang murah. Yuk, ke Thailand!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
WhatsApp chat