Wed. Jan 22nd, 2020

KUKAKUKU

Gaya Hidup Anak Milenial

Cara Melacak Ponsel Android Kamu Yang Hilang Atau Dicuri

3 min read

Kamu pernah kehilangan ponsel android kamu? Jatuh, lupa simpan atau bahkan dicuri oleh orang lain? Jika ya, kamu pasti panik dong pastinya. Mengingat ponsel pintar android jaman sekarang sangat penting banget bagi kehidupan kita. Apalagi semua data-data keuangan dan pribadi lainnya ada dalam ponsel pintar tersebut. Mulai dari akun email, akun-akun sosial media seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp dan sebagainya. Data-data perbankan seperti mobile banking, aplikasi investasi (tanamduit, bibit, FUNDtastic, invisee, ajaib) dan dompet digital (ovo, gopay, dana, LinkAja). Kebayang kan gimana jika orang yang tidak bertanggung jawab dapat mengakses itu semua. Apalagi akun google kita ada di tangan mereka. Dengan mudahnya mereka akan mereset semua pin dan password pada aplikasi-aplikasi penting yang ada pada ponsel kita.

Oleh karena itu, jika ponsel kita hilang, kita harus segera melacaknya dan jika dalam keadaan darurat dan terpaksa karena ponsel kita tidak bisa ditemukan, kita harus menghapus semua isi device ponsel kita agar orang lain tidak bisa mengakses data-data penting kita. Buat kamu pengguna ponsel pintar android, diharapkan selalu mengunduh aplikasi Google Find My Device setiap beli ponsel android baru. Ini kita gunakan sebagai pengamanan ponsel kita jika suatu saat hilang atau dicuri orang. Berikut ini adalah tips yang harus kalian lakukan untuk melacak keberadaan ponsel kalian yang hilang:




Aktifkan Fitur Google Find My Device

Ketika kamu membeli ponsel android baru, fitur ini biasanya tidak tertanam dalam bawaan ponsel yang baru kamu beli. Jadi kamu wajib untuk mengunduhnya di PlayStore dan mengaktifkan fitur tersebut. Cara mengaktifkannya, kamu tinggal buka aplikasi tersebut, lalu login dengan akun gmail kamu yang terdaftar pada ponsel kamu. Ingat ya, akun google-nya harus sama. Atau kamu bisa mengaktifkan fitur Find My Device melalui Setting -> Security & location -> Find My Device. Lalu kamu klik/geser tombol On/Off agar menjadi On. Dengan adanya fitur ini, kamu dapat melacak, mengunci secara remote, dan menghapusnya dari jarak jauh baik melalui web maupun aplikasi Find My Device.

Lacak dan Kunci Ponsel dari Jarak Jauh

Jika ponsel kamu hilang dan kamu sudah mengaktifkan fitur Find My Device pada ponsel kamu yang hilang, kamu mulai bisa melacak keberadaan ponsel kamu itu. Caranya kamu instal aplikasi Find My Device pada ponsel lain dan login dengan menggunakan akun gmail yang sama pada ponsel kamu yang hilang. Atau kamu bisa melacaknya melalui website. Silahkan kamu buka link www.android.com/find. Lalu kamu login dengan akun gmail yang sama dengan akun gmail ponsel kamu yang hilang. Dihalam website tersebut, kamu akan menemukan tiga fitur yang sangat penting yaitu PLAY SOUND, SECURE DEVICE, dan ERASE DEVICE. Fitur Play Sound ini, jika kamu klik maka ponsel kamu yang hilang akan berdering selama 5 menit meskipun ponsel kamu dalam keadaan di silent. Fitur Secure Device ini kamu dapat mengunci ponsel kamu sekaligus sign out dari akun google kamu. Selain itu kamu juga bisa menampilkan pesan atau nomor telepon kamu pada layar yang terkunci tersebut. Meski ponsel kamu sudah terkunci, kamu tetap dapat melacak keberadaan posisi ponsel kamu yang hilang tersebut. Sementara fitur Erase Device adalah fitur terakhir yang harus kamu gunakan jika ponsel kamu tetap tidak bisa kembali atau kamu temukan. Fitur ini akan menghapus semua isi konten ponsel kamu dan sekaligus kamu tidak akan bisa melacaknya lagi.




find device versi web (www.android.com/find)

Blokir Nomor Ponsel Kamu

Setelah melakukan Erase Device, segera hubungi customer service provider yang kamu gunakan. Mintalah pemblokiran nomor ponsel kamu guna untuk keamanan agar nomor telepon kamu tidak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk kejahatan. Dengan diblokirnya nomor telepon kamu, pelaku kejahatan tidak akan bisa menggunakan nomor telepon kamu untuk menipu orang yang ada didaftar kontak kamu atau jenis kejahatan lainnya dengan menggunakan nomor telepon kamu. Setelah pemblokiran, segeralah datang ke customer service provider kamu untuk bisa mendapatkan nomor yang sama tersebut. Semoga bermanfaat ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.