Ringankan Pilek Bayi Dengan Cara Aman

Bayi berusia 3-12 bulan sangat sering terserang pilek kapan pun, tidak peduli cuaca panas atau dingin. Penyebaran virus pilek juga beragam, dapat melalui udara, air, memegang benda tertentu, maupun ditularkan oleh manusia. Sebelum terlambat atau semakin parah, Anda dapat menggunakan obat pilek untuk bayi yang aman.

Tips Meringankan Pilek Bayi

Ada beberapa tips cerdas untuk meringankan pilek bayi yang recommended untuk disimak. Ingat sebaiknya atasi sebelum terlambat

1. Menjaga Kelembapan Ruangan

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga pernafasan bayi adalah menjaga kelembapan ruangan. Anda bisa menempatkan bayi di dalam ruangan tanpa AC ketika hidung sedang tersumbat. Jika bayi terbiasa dengan suhu AC, maka solusinya tambahkan mesin pelembap udara.

Anda juga dapat memanfaatkan uap dari air panas yang dicampur essensial minyak mentol atau mint. Pilek yang sangat mengganggu menyebabkan si kecil menjadi rewel. Pada tahapan ini Anda memanfaatkan air garam guna mengencerkan lendirnya.

Caranya sangat mudah hanya membuat air mengandung larutan garam. Selanjutnya dapat diteteskan pada ujung lubang hidung bayi. Setelah itu, agar membuatnya tertidur gunakan metode menepuk punggung bayi secara perlahan. Sangat bermanfaat untuk meringankan pernapasan tersumbat. Atur pula posisi tidur bayi menjadi tengkurap.

2. Gunakan Minyak Untuk Hindari Iritasi

Tidak jarang bayi yang hidungnya tersumbat mengalami iritasi. Pasalnya, hidung yang gatal membuat bayi ingin menggaruknya, alhasil tangannya berkali-kali menyentuh hidung. Cara pencegahan iritasi kulit akibat garukan tersebut dengan memanfaatkan minyak zaitun yang dioles diujung hidungnya.

Jika bayi Anda telah memasuki usia 6 bulan ke atas maka pertolongan pertama lebih mudah dilakukan. Anda dapat memberikan teh hangat pada bayi karena ampuh meredakan pernafasan dan membuat bernafas lebih leluasa.

3. Jangan Sembarangan Memberi Obat

Pilek memang tidak separah penyakit lainnya seperti diare, muntah-muntah, dan demam berdarah. Tetapi wajib segera diatasi karena jika dibiarkan saja dapat berakibat fatal. Anda dapat membeli obat sesuai resep dokter di apotik terdekat.

Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan si kecil dengan air mineral dan ASI yang cukup. Makanan yang dikonsumsi juga harus bergizi seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *