LinkAja Syariah Bikin Bayar Ini Itu Jadi Tentram dan Nyaman

Desember 2019 ini, LinkAja baru saja membuat gebrakan baru didunia digital payment yang semakin membuat kita sebagai pengguna lebih nyaman dan tentram. Selama ini kita memakai dompet digital dari plat ungu maupun plat hijau. Namun banyak yang membicarakan masalah tentang kenyamanan bagi umat muslim. Halal kah dompet digital tersebut? Terbebas dari praktek riba kah jika kita menggunakan domper digital atau digital payment tersebut?

Di tengah kebimbangan masyarakat muslim yang sebagian besar kebanyakan anak muda muslim yang menggunakan dompet digital, tiba-tiba dompet digital berplat merah menghadirkan sesuatu yang baru yang sudah ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Yes, akhirnya LinkAja meluncurkan dompet digital berkonsep syariah yang menjauhkan praktek riba dalam penggunaannya sehari-hari.

Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Buat pengguna baru, kalian tinggal unduh saja di playstore untuk pengguna ponsel android atau di Appstore untuk pengguna ponsel iPhone. Setelah selesai di unduh, kalian tinggal daftar dan aktivasi seperti pada dompet digital lainnya. Setelah selesai aktivasi, kalian tinggal klik tombol aktifkan syariah pada aplikasi LinkAja. Maka otomatis LinkAja kalian sudah berubah menjadi LinkAja Syariah.



Sementara untuk pengguna lama yang sudah terlanjur menggunakan LinkAja konvensional, caranya juga cukup mudah. Hanya tinggal klik tombol aktifkan LinkAja Syariah, maka dalam beberapa detik, akun LinkAja kalian akan otomatis berubah menjadi akun LinkAja Syariah. Sangat mudah bukan?

Perbedaan LinkAja Syariah dengan LinkAja Konvensional

Mungkin kalian bingung, dimana bedanya sih syariah dengan konvensional. Sementara aplikasinya masih sama dengan yang konvensional. Kalau kita perhatikan aplikasinya, sekilas antara yang syariah dengan konvensional dalam aplikasinya sama sekali tidak ada perbedaan yang mencolok. Semua menu dan tampilannya sama persis. Bedanya adalah dalam proses pada sistemnya. Untuk akun yang sudah aktif sebagai LinkAja syariah, uang yang mengendap di akunmu, ditempatkan pada bank syariah bukan pada bank konvensional. Lalu untuk masalah promo cashback yang ada pada LinkAja, akan diseleksi oleh sistem. Mana cashback yang sesuai dengan prinsif syariah dan mana cashback yang tidak sesuai dengan prinsif syariah. Misalkan ada promo cashback yang 100% dibiayain oleh merchant dan sudah sesuai akad syariah, maka akun LinkAja syariah bisa mendapatkan cashback tersebut. Tapi jika cashback tersebut pembiayaan promonya dibiayai oleh merchant dan pihak payment (LinkAja) maupun full 100% dibiayain oleh LinkAja, maka akun LinkAja syariah tersebut tidak akan mendapatkan promo tersebut.

Jadi intinya semua transaksi yang tidak sesuai dengan akad syariah, tidak ada pada akun LinkAja syariah. Karena LinkAja syariah sudah dapat Sertifikat Kesesuaian dengan Prinsif Syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Jadi dalam prakteknya, LinkAja syariah akan menerapkan konsep transaksi sesuai dengan prinsif Islam yang mengharamkan riba.




Kehadiran LinkAja Syariah, perlu kita apresiasi dan sambut gembira karena dengan adanya kemudahan pembayaran digital yang selama ini sudah berjalan beberapa tahun terkahir, membuat kita semakin nyaman sebagai umat muslim yang tentunya sudah lama menantikan sistem pembayaran berkonsep islam yang mengharamkan riba dari setiap transaksi. Apalagi Indonesia merupakan negara berpenduduk islam terbesar di dunia, jadi memang sudah selayaknya ekonomi berbasis syariah benar-benar diterapkan di negara ini. Semoga kedepannya makin banyak dan tumbuh dompet-dompet digital berkonsep syariah lainnya. Dan kita sebagai generasi milenial muslim, sudah saatnya dukung dan gerakan ekonomi berbasis pada hukum islam untuk menjauhi riba yang diharamkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *