Akhir Bulan, Hidup Tetap Nyaman. Begini Cara Atur Gaji Kamu!




Helo sahabat kuka? Hari ini kuka dan kuku bakal kasih tips penting buat kalian anak-anak milenial dalam mengatur gaji bulanan agar akhir bulan tetap serasa awal bulan. Bisa? Tentu bisa dong! Gimana caranya? Ikuti tips dari kuka dan kuku ya.

Pertama, kalian harus buat pos-pos pengeluaran. Ini wajib dan tidak ada alasan untuk tidak membuat pos pengeluaran. Lalu kelompokan pos-pos pengeluaran tersebut. Kalau kuka buat pos pengeluaran menjadi 4 bagian seperti berikut:

  1. Pos operasional
  2. Pos dana darurat
  3. Pos zakat
  4. Pos investasi
  5. Pos cicilan/hutang

Nah dari kelima pos tersebut, kita isi persentase berapa persen yang akan kita alokasikan ke pos tersebut. Kalau kuka, biasanya menggunkana rumus atau pola persentasi untuk operasional 40%, zakat 2,4%, dana darurat 10%, hutang/cicilan 30%, investasi 17,5%. Jadi misalkan gaji kuka 6 juta perbulan, maka berikut rician yang harus kuka alokasikan ke pos-pos tersebut:

Sekarang akan kita bahas satu persatu ya mengenai pos-pos tersebut.

Pos Dana Darurat

Pos ini sangat penting sekali. Kenapa penting? Karena pos ini sangat berguna sekali untuk menghandle ketika ada kebutuhan keuangan darurat, sehingga tidak menggangu aset lain. Misal kita sedang butuh uang untuk pembayaran cicilan kartu kredit yang akan jatuh tempo, sementara gajian kita di undur, atau misal motor/mobil kita mogok dan perlu service, maka kita bisa menggunakan dana darurat tersebut. Bayangkan jika tidak ada pos dana darurat, mau tidak mau kita akan mengambil dana tabungan atau investasi lain yang akhirnya siklus keuangan kita jadi berantakan.



Pos Cicilan / Hutang

Namanya manusia tidak luput dari banyak keinginan. Pengen barang ini, barang itu, sementara uang belum ada. Berhutang dengan terpaksa jadi pilihan. Ya, kuka akuin itu semua itu susah untuk dihilangkan. Tapi kali ini kalian wajib menekan hutang kalian jangan sampai lebih dari 30%. Jika hutang kalian lebih dari 30% maka keuangan kalian sudah tidak baik dan kalian wajib kudu harus banget merubah pola gaya hidup kalian. Kalau bisa tiap bulan kalian harus bisa menekan angka 30% menjadi 0%.

Lalu jika Pos ini angkanya sudah 0% apakah tetap diisi?

Good question guys! Nah kalau kalian sudah bisa berhasil menekan angka pos ini menjadi 0%, kalian bisa alokasikan dana ini ke pos investasi. Jadi pos investasi kalian bisa bertambah besar. Jangan sampai kalian alokasikan pos ini ke pos lain seperti pos operasional, karena akan membuat kalian malah boros. Biarlah pos operasional tetap segitu persentasenya. Jangan dirubah, kalau bisa kalian tekan pos tersebut menjadi kecil persentase-nya. Jadi kuncinya adalah setiap ada penekanan angkas pos-pos lain, usahakan dialokasikan angka pos tersebut ke pos investasi.

Pos Operasional

Nah pos ini cukup penting dan sangat menunjang roda perekonomian kalian. Kenapa jadi penting, karena pos ini lah yang membiayai kita dalam mengisi pos-pos lain. Bayangkan jika tidak ada pos ini, dari mana modal kita sehari-hari dalam mencari pundi-pundi rupiah. Di pos ini, kuka menempatkan 40% dari gaji kita alokasikan ke sini. Kenapa di pos ini cukup besar, karena pos ini akan dibagi-bagi lagi guys. Di pos ini, kita bisa bagi lagi sesuai kebutuhan kita. Seperti pos untuk transportasi, pos untuk makan dan jajan. Usahakan pos ini tidak boleh melebihi dari 40% kalau kalian pintar, pos ini bisa ditekan lagi dan dialokasikan ke pos investasi. Untuk membuat pos ini, sebelumnya kalian harus rinci dulu pengeluaran kalian sehari-hari. Dari sini kalian bisa atur persentase alokasi untuk pos operasional. Besar kecilnya pos ini, tergantung dari gaya hidup kalian. Dan pos ini menurut kuka pos yang paling bisa banget ditekan persentasenya. Misal naik transportasi umum seperti ojek online atau taksi online. Nah biasanya kan ada promo, kalian bisa manfaatkan promo tersebut, trus uang sisa promo dialokasikan ke investasi. Makan siang atau jajan bisa juga manfaatin promo-promo yang ada. Atau kalau ingin sehat bisa bawa makanan dari rumah ke kantor. Asyik kan. Mau nonton? Cari tiket-tiket buy 1 get 1. Pandai-pandai kalian lah dalam menghemat budget ini.

Pos Investasi

Pos ini yang paling berat buat diisi. Jujur sebagai generasi milenial yang hobi keluyuran nongkrong-nongkrong unfaedah kadang membuat malas mengisi pos ini. Tapi guys, tau gak sih, pos ini yang paling menentukan masa tua kalian loh! Nasib tua kalian tergantung besarnya alokasi kalian dalam mengisi pos ini. Emang sih nasib itu sudah ditentukan sama Tuhan. Tapi bukan berarti kita pasrah sama garis nasib. Karena garis nasib masih bisa kita rubah selama kita mau berusaha. Pos ini kita simpan dimana ya uangnya? Apakah di rekening bank?

No! Pos ini jangan di simpan di bank. Simpan uang di bank bukanlah sebuah investasi. Yang ada tiap tahun uang kita berkurang dan tidak ada nilainya karena tergerus sama inflasi. Apa itu inflasi? Kalian bisa cari artikelnya di kukakuku.com ya guys.

Kalian bisa simpan uang ini di reksadana. Yups banyak sekali model investasi jaman sekarang. Bisa emas, saham, reksadana, properti dan lain sebagainya. Kalau menurut kuka sih yang paling cocok buat generasi milenial seperti kuka ini, reksadana merupakan paling cocok. Kita bisa belinya secara online dan juga bisa pantau perkembangannya secara online juga via smartphone kita. Banyak sekali portal-portal online yang menyediakan reksadana seperti invisee, tanamduit, bareksa, bibit dan lain sebagainya.

Baca artikel ini:

Di Bibit, Investasi Semudah Beli Kopi

Instal Invisee di Ponsel Kamu, Uang Kamu Jadi Tambah Banyak Loh!

Kini Kamu Bisa Investasi di Tokopedia. Mudah Banget Loh!

Kalau kalian belum paham soal reksadana, kalian bisa pelajari dulu. Banyak kok materi-materi yang membahas reksadana. Dan menurut kuka, reksadana merupakan investasi bagi pemula yang aman dibanding yang lain. Kalian bisa pilih juga mau jangka panjang atau jangka pendek. Semua bisa kalian yang tentukan.

Pos Zakat

Nyari uang setiap hari, berangkat pagi pulang malam akan terasa sia-sia loh guys, kalau kita pelit berbagi terhadap sesama yang membutuhkan. Tengok deh ke lingkungan sekitar kita, masih banyak banget orang-orang yang butuh uluran tangan kita. Jangan pelit, cuma 2,5% dari gaji kita doang kok yang akan kita sumbangkan, tapi akan sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan. Dan perlu kalian ingat janji Tuhan, 2,5% akan diganti Tuhan sebanyak 10 kali lipat. Jadi kalian jangan pelit ya untuk mengisi pos ini. Hati akan terasa nyaman dan tentram ketika kita sudah bisa membantu orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita tak perduli seberapa besar yang kita berikan. Jadilah generasi milenial yang cerdas dan berjiwa sosial yang tinggi. Siapa tahu kita bisa jadi manusia yang maju di dunia dan dapat tempat yang layak disurga. Amin.



Nah itu dia pembahasan cara pembagian pos-pos pengeluaran kita ya. Kuka jamin deh, jika kalian sudah mengikuti tips ini, akhir bulan kalian akan tetap aman dan nyaman serasa awal bulan. Selamat membuat perencanaan keuangan ya generasi milenial.

1 thought on “Akhir Bulan, Hidup Tetap Nyaman. Begini Cara Atur Gaji Kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *