KUKAKUKU

Gaya Hidup, Teknologi, Inspirasi Dan Motivasi

Trik Jitu Mendapatkan Supplier Terbaik

trik mencari supplier

Buat kamu yang sedang merancang untuk buka toko online, memilih supplier yang baik merupakan langkah awal dalam membangun toko online terutama bagi yang ingin membangun toko online tanpa modal atau stok barang. Kita bisa membangun toko online dengan modal nol rupiah. Hanya tinggal mencari supplier yang support kita dan kita tinggal membangun toko online di media sosial baik facebook maupun instagram yang tidak dikenakan biaya sama sekali. Silahkan baca Trik Membangun Toko Online di Instagram. Lalu bagaimana mencari supplier yang baik yang bisa mensupport toko online kita?

Jualan tanpa barang atau lebih disebut dengan istilah dropshiper, merupakan langkah awal bagi seseorang yang ingin membangun usaha tapi terkendala di modal. Dropshiper bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Kita hanya tinggal mencari supplier yang bisa kerja sama dengan kita untuk menjadi dropshiper mereka. Jika kita tinggal melakukan googling di internet dengan kata kunci dropshiper, maka akan banyak bermunculan website-website supplier yang menawarkan sistem dropshiper.

Pilih website supplier yang sudah terpercaya

Langkah pertama silahkan kalian buka website-website yang menawarkan sistem dropshiper. Lalu dengan seksama kalian perhatikan website tersebut. Website yang baik untuk dropshiper adalah website yang memiliki sistem ecommerce yang baik, dalam artian website tersebut sudah bisa melakukan order online dengan banyak produk dan banyak pilihan metode pembayaran. Hindari website dropshiper yang sistem ordernya masih manual atau order via pesan singkat atau chat di whatsapp dan lain sebagainya. Supplier yang menggunakan sistem tersebut menandakan belum siap dalam memanage sistem dan ini akan berdampak pada dropshiper nantinya. Karena sistem dropship yang seperti itu kita tidak bisa memantau stok dengan baik. Selain itu proses order pun akan cukup memakan waktu karena kita harus tanya-tanya ketersediaan barang terlebih dahulu. Sementara sistem dropship yang sudah baik adalah kita dapat melakukan order langsung barang yang tersedia di website dan melakukan pembayaran sesuai dengan metode yang disediakan di website tersebut misal transfer bank, internet banking, kartu kredit dan metode pembayaran lainnya. Website yang seperti ini kita bisa benar-benar mengontrol ketersediaan stok karena stok yang tampil di web itu otomatis sesuai dengan fisik yang ada.

Lakukan order pertama anda

Jika sudah menemukan website supplier yang sesuai, silahkan lakukan order pertama anda. Untuk alamat pengiriman, kita bisa arahkan ke alamat rumah saudara atau teman yang berbeda rumah dengan kita. Ini tujuannya adalah untuk memastikan orderan kita dikirim sesuai alamat yang kita inginkan dengan nama pengirim nama toko kita sendiri. Website dropshiper yang baik, akan memberikan form nama pengirim atau nama toko untuk kita isi. Jika anda sudah melakukan order, silahkan lakukan pembayaran menggunakan metode pembayaran yang tersedia. Setelah melakukan pembayaran, kita tinggal menunggu kiriman barang yang kita pesan. Selama menunggu order anda datang, anda bisa bertanya-tanya mengenai order anda melalui media chat atau layanan costumer yang tersedia di website tersebut. Ini untuk menguji bagaimana layanan customer website tersebut apakah mudah dihubungi atau tidak. Karena ini akan menjadi sangat penting ketika anda mengalami masalah order customer anda. Anda visa langsung menghubungi pihak supplier. Bayangkan jika pihak supplier susah dihubungi. Anda akan kerepotan dalam menghandle customer anda ketika terjadi masalah.

Jika order anda sudah tiba sesuai estimasi, silahkan anda periksa dengan seksama pada packing order tersebut apakah sudah sesuai dengan mencantumkan nama pengirim sesuai dengan nama toko anda. Jika ya, berarti supplier tersebut bisa dipercaya. Selanjutnya lakukan pemeriksaan pada produk yang anda order. Apakah kwalitas barang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Ingat, jangan tergiur dengan harga barang murah tapi kualitas mengecewakan. Karena ini akan menjadi fatal bagi perkembangan toko online anda. Biasanya customer akan kapok untuk berbelanja di toko online kita kembali karena masalah produk jelek. Faktor utama dalam kesuksesan sebuah toko online adalah barang yang kita jual berkualitas. Jika semua sudah sesuai dengan harapan kita, maka langkah selanjutnya adalah mendaftar jadi dropshiper pada website tersebut.

Mendaftar jadi dropshiper

Kenapa kita harus mendaftar jadi dropshiper? Tujuannya adalah untuk mendapatkan harga yang lebih rendag dari harga normal yang tampil di website supplier. Biasanya ada dua tipe supplier. Yaitu supplier yang memang khusus melayani dropshiper dan tidak melakukan jualan secara ecer diwebsitenya. Jadi pembeli umum tidak bisa melakukan pembelian selain dropshiper. Ada juga supplier yang menjadikan websitenya sebagai ecommerce tersendiri. Jadi selain melayani dropshiper, juga melayani pembelian secara ecer untuk customer umum. Untuk tipe supplier seperti ini, biasanya kita diwajibkan melakukan pendaftaran sebagai dropshiper untuk bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari harga normal.

Buka toko online di media sosial

Bila kita sudah mendapatkan supplier yang sesuai dan terpercaya serta kita sudah terdaftar jadi dropshiper, langkah selanjutnya adalah membangun toko online di media sosial seperti instagram maupun facebook. Untuk langkah awal, usahakan hanya membangun toko online di media sosial dulu. Anda jangan langsung membangun website ecommerce seperti magento, prestashop maupun openchart. Karena kita tidak akan bisa mengontrol stok sendiri. Sementara jika kita membangun toko online di media sosial, kita dapat melakukan cek stok ke website supplier terlebih dahulu. Karena biasanya jualan di media sosial, customer akan bertanya dahulu melalui kontak yang kita sediakan mengenai ketersediaan barang dan harga. Jadi kita bisa langsung cek ke website supplier, jika masih ada, kita bisa langsung infokan ketersediaan barang ke customer. Jika cuatomer sudah ok, customer akan melakukan transfer sejumlah dana sesuai harga barang ke rekening kita. Jika uang sudah masuk, selanjutnya kita tinggal melakukan order di website supplier. Dan semuanya mulai dari packing dan pengiriman akan dilakukan oleh supplier. Kita tinggal meminta nomor resi pengiriman untuk kita infokan ke customer kita. Cukup mudah dan gampang kan jualan tanpa modal dan stok barang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *