KUKAKUKU

Gaya Hidup, Teknologi, Inspirasi Dan Motivasi

Traveling Seru, Pengalaman Tidur Di Bandara

Sebagian orang mengira, orang-orang yang hobinya traveling, hanya orang-orang yang banyak uang dan hobinya menghabiskan uang. Masa sih segitunya? Kalau kalian masih berpikir seperti itu, berarti wawasan kalian masih kuper dan belum terbuka. Coba deh sekali-kali traveling dan keluar dari rutinitas kalian yang super membosankan. Dijamin kalian akan memohon sama Tuhan untuk bisa diberikan umur panjang dan kesehatan. Karena traveling itu seru banget dan banget banget pokoknya. Tidak selamanya traveling menghabiskan banyak uang. Traveling adalah sebuah investasi memori di otak kalian yang akan kalian nikmati hasilnya saat itu juga hingga jangka panjang, sampai kalian jompo pun kalian akan tetap menikmati hasil traveling kalian. Memori kalian akan terus bercerita kenangan dan pengalaman seru saat kalian berpijak di seluruh bumi ciftaan Tuhan. So, saatnya kalian siapkan ransel kalian dan Go!

Untuk kalian yang berburu tiket pesawat murah, biasanya tersedia pada jam-jam tengah malam mulai dari jam 23.00 atau jam 01.00 sampai dengan jam 05.00.  Jadi kalian harus siap segala situasi dan kondisi jika kalian mendapatkan tiket pada jam-jam tersebut. Mau tidak mau kalian harus sudah berada di bandara 1 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk perjalanan domestik, sementara untuk perjalanan luar negeri, minimal 2 jam sebelum pemberangkatan kalian harus tiba di bandara. Kenapa harus berjam-jam lamanya kita harus sudah ada di bandara sebelum keberangkatan, karena di bandara kita tidak tau bagaimana situasi dan kondisi. Misal antrian panjang di tempat chekck in tiket atau bermasalah di imigrasi atau hal lainnya.

Kali ini kukakuku akan berbagi cerita bagaimana serunya pengalaman kukakuku berburu tiket pesawat murah dan menginap dibandara. Ini merupakan perjalanan kukakuku untuk explore pulau dewata Bali dengan budget hanya 1,5 juta. Dengan budget segitu, kukakuku mencoba explore pulau bali hanya dengan dua hari satu malam saja. Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 13.20 dengan naik pesawat Citilink dengan harga tiket promo yang kukakuku dapatkan waktu itu sekitar 500 ribu rupiah untuk pemberangkatan weekend atau hari sabtu. Sampai bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 4 sore. Langsung saja kukakuku menuju hotel dari bandara untuk check in. Karena budget terbatas, kukakuku mencoba untuk mencari cara agar bisa sampai hotel yang berada di kuta dengan transportasi yang murah. Banyak sih yang nawarin taksi, tapi kukakuku pilih onjek online yang berada di luar bandara. Tarifnya sangat murah hanya dengan 7 ribu rupiah saja, kukakuku bisa sampai di hotel dan langsung check in. Tau gak sih hotel yang kukakuku booking itu deket banget dengan pantai kuta dan harganya cuma 125 ribu saja dengan fasilitas yang nyaman dan memadai. Ah, gak nyesel waktu itu menginap di hotel itu. Next perjalanan ke Bali mungkin akan menginap di sana lagi. Tapi biasanya sih kukakuku jarang balik lagi ke tempat-tempat yang pernah dikunjungi.

Setelah check in di hotel dan istirahat sejenak, kukakuku langsung berlari menuju pantai kuta untuk menikmati indahnya sunset di pantai kuta yang sangat ramai sekali sore itu. Malam harinya, kukakuku menikmati suasana malam di kuta dan pantai legian. Besoknya, baru deh kukakuku explore wisata bali lainnya yaitu Pura Uluwatu, Pantai Pandawa dan Pura Tanah Lot dengan menyewa sepeda motor yang tidak jauh dari tempat penginapan. Kebetulan di bali memang banyak yang menyewakan sepeda motor. Untuk lengkapnya mengenai perjalanan kukakuku explore bali hanya dengan 1,5 juta kamu bisa baca ini. Karena di artikel ini, kukakuku hanya ingin menceritakan pengalaman kukakuku menginap di bandara saja.

Singkat cerita, karena kukakuku mencari tiket murah dan terbatas waktu liburan karena harus kembali kerja dikantor, akhirnya kukakuku dapat tiket airasia dengan jadwal penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai pukul 00.30 pagi waktu Bali. Jam 10.00 malam kukakuku sudah sampai bandara dan langsung menuju konter loket airasia untuk check in. Setelah dapat tiket, kukakuku mendari kursi kosong dan rebahan sebentar hingga pukul 00.00 baru naik ke lantai dua menuju ruang tunggu penerbangan domestik. Tak berapa lama terdengar pengumuman untuk bersiap-siap masuk pesawat. Terbanglah dari Bali menuju Jakarta. Karena waktu Bali lebih cepat 1 jam dari Jakarta, maka ketika sampai Jakarta pun tetap sama sekitar pukul 1 kurang. Karena kukakuku pulangnya ke Bogor, maka jam segitu sudah tidak ada kendaraan umum menuju ke sana kecuali taksi dan taksi pun jarang ada yang mau. Selain itu juga memang kukakuku tidak mau naik taksi karena masalah penghematan budget. Jadi kukakuku akan naik kereta badara Railink untuk menuju Stasiun Sudirman Baru dan pindah naik KRL di Stasiun Sudirman. Karena jadwal Railink paling pagi jam 6.30 akhirnya kukakuku memilih untuk tidur di bandara sampai esok pagi.

Kalian tidak perlu cemas karena di bandara sangat ramai walau pun pagi buta. Banyak penumpang-penumpang lainnya juga yang menginap di bandara. Kalian bisa manfaatkan kursi-kursi kosong untuk rebahan. Jika kalian lapar, tidak perlu khawatir karena banyak warung-warung makanan di bandara yang buka 24 jam. Kalian tidak akan merasakan kesepian menginap di bandara. Jadi lumayan kan bisa menghemat budget daripada harus menginap di hotel hanya menunggu waktu beberapa jam doang menuju pagi. Menjelang pukul 04.00 bandara akan semakin ramai oleh penumpang yang mengejar penerbangan awal sekitar pukul 05.00. Jadi bandara memang tidak akan pernah tidur.

Saat pagi tiba sekitar pukul 06.00 kukakuku menuju stasiun sky train yang ada di terminal 2 untuk menuju stasiun kereta bandara. Sampai stasiun bandara, keadaan masih sepi banget dan hanya ada 1 atau 2 penumpang saja yang sedang menunggu kereta bandara. Jangan khawatir, stasiun bandara sangat nyaman banget bahkan toiletnya pun sangat bersih dan nyaman. Jadi kalian akan nyaman walau harus menunggu lama di Stasiun Bandara. Karena memang fasilitas stasiun bandara sudah bertaraf internasional. Nah untuk tiket keretanya harganya 75 ribu rupiah. Kalian bisa beli hanya menggunakan kartu debit, tcash atau pun emoney. Jadi kalian tidak bisa menggunakan uang cash. Dan belinya pun melalui mesin tiket karena tidak ada loket sama sekali di stasiun bandara. Perjalanan dari Stasiun Bandara menuju Stasiun BNI City atau Sudirman Baru sekitar 30 menit saja. Dari stasiun BNI City kita tinggal jalan kaki menuju Stasiun Bandara untuk pindah naik KRL dan menuju Bogor, karena kereta bandara atau Railink hanya berhenti di Stasiun BNI City.

Nah, itu tadi pengalaman kukakuku menginap di bandara saat sedang traveling demi menghemat budget perjalanan. Tidak hanya pengalaman menginap di Bandara Soekarno Hatta saja, di beberapa bandara luar dan dalam negeri pun pernah di lakukan demi menghemat budget, karena itu lah jiwa traveler sesungguhnya. Selamat berpetualang ya…. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *