KUKAKUKU

Gaya Hidup, Teknologi, Inspirasi Dan Motivasi

Serunya pakai Nokia 5

Kali ini saya akan me-review Nokia 5 setelah satu bulan lebih menggunakan ponsel android besutan perusahaan yang pernah merajai pesar ponsel dunia yaitu Nokia. Mungkin di era sekarang nama Nokia terdengar sedikit asing apalagi bermain di OS Android yang mana sudah di kebut dahulu oleh Samsung, LG, dan brand-brand lainnya. Karena kita ketahui, sejak kemunculan sistem operasi berbasis android, Nokia masih tetap keukeuh tidak mau mengikuti perkembangan teknologi. Dia tetap keukeuh bertahan dengan OS Symbian dan OS Windows Mobile Phone. Akhirnya akibat prinsifnya, ia pun tersungkur jatuh di pasar smartphone dunia khususnya Indonesia tergeser oleh brand lain seperti Samsung, LG dan brand-brand lainnya yang jauh meluncur dan menguasai pasar smartphone. Di tambah lagi kini persaingan tidak hanya di OS Android, sebab OS lain yaitu iOS sudah mulai menggeser seleras pasar smartphone. Untungnya ponsel-ponsel besutan Apple masih menyasar kalangan menengah ke atas, jadi pasar smartphone android masih sangat menggiurkan.

Di tengah lesunya pasar Nokia, kini ia hadir kembali dan sedikit menghilangkan egonya untuk bertahan dengan sistem operasi Windows. Kini ia mengeluarkan ponsel-ponsel pintarnya dengan mengusung OS Android terbaru. Secara pasar, ini sangat menarik karena para pengguna ponsel berbasis android kini bisa kembali mengantongi ponsel brand Nokia yang dari dahulu terkenal denga kehandalan dan kekuatannya. Namun karena pasar sudah melupakan brand yang sudah cukup melegenda itu, bisakah kembali menjadi primadona seperti dulu?

Terlepas dari semua itu, saya cukup puas menggunakan ponsel terbaru besutan Nokia ini. Hal yang pertama saya suka adalah dari design-nya yang tidak aneh atau standar sehingga terlihat dewasa dan elegan berada digenggaman tangan kita. Selain itu material yang digunakan juga saya akui sangat bagus dan tidak terkesan ponsel low-end. Layar HD 5,2 inci dengan di lengkapi kamera 13MP autofokus dan kamera depan 8MP. Selain itu Layarnya sudah dilengkapi Corning® Gorilla® Glass berlekuk ukuran 5,2 inci yang akan membuat kita nyaman dimata dan tidak takut terkena goresan benda-benda tajam lagi.

Yang paling saya sukai dari ponsel android ini adalah adanya sensor sidik jari yang memudahkan. Perlu kita ketahui bahwa hampir semua ponsel android menggunakan sensor sidik jadi di bagian belakang ponsel. Menurut saya itu sangat menyusahkan apalagi jika sensornya kurang responsif. Jika kita terbiasa menggunakan iPhone, menggunakan ponsel android dengan sidik jari di belakang cukup menyusahkan. Beda dengan Nokia 5 yang sensor sidik jarinya ada di bagian layar depan dan mirip dengan iPhone. Ini merupakan solusi yang sangat memudahkan, kita hanya menggunakan jempol saja dan dengan respon yang cepat mempu membuka kunci layar. Beda dengan sensor sidik jari yang ada di belakang harus menggunakan telunjuk.

Kelebihan lain yang paling saya sukai dari ponsel yang sekarang di bandrol di bawah 2 juta ini adalah adanya fitur NFC. Pada era sekarang, fitur NFC pada ponsel merupakan hal yang penting dan tidak bisa dipisahkan. Bayangkan, hampir 24 jam dalam aktifitas kita sehari-hari kita selalu membawa ponsel kemana pun. Karena aktifitas saya sehari-hari menggunakan Transjakarta dan Commuter Line, akhirnya memaksa saya untuk menggunakan pembayaran elektronik yaitu e-money. Ini kabar gembira sih karena saya tidak perlu lagi membawa-bawa uang cash. Hanya dengan modal satu kartu bisa dipakai beberapa transaksi. It’s so simple. Kendala yang sering di alami adalah saat saldo dalam e-money habis. Ribet nyari-nyari minimarket atau atm. Tapi dengan adanya Nokia 5, semua kendala itu hilang bak ditelan bumi. Kini saya bisa ngisi saldo e-money di tokopedia. Lalu setelah diisi, e-money kita wajib di update saldo agar saldonya masuk ke kartu. Cara update saldonya cukup simple banget. Pada aplikasi tokopedia, kita tinggal pilih menu cek saldo, lalu tempelkan kartu e-money kita pada belakang ponsel. Tunggu beberapa detik, maka saldo langsung ter-update sesuai nominal yang kita isi tadi di tokopedia. Cukup memudahkan bukan menggunakan Nokia 5.

Cara top up e-money dan update saldo
Tempelkan e-money di belakang ponsel
Saldo berhasil di update

Selain itu Nokia 5 juga sudah support jaringan 4G. Memiliki RAM 3GB yang membuat ponsel ini anti lelet walau membuka beberapa aplikasi sekaligus. Memiliki media penyimpanan internal sebesar 16GB yang akan membuat kita leluasa untuk instal beragam aplikasi. Jika tidak puas, masih ada slot kartu memori yang sanggup menampung hingga 128GB. Jadi sejauh ini sih, ponsel Nokia cukup baik dalam menunjang semua aktifitas saya sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *