KUKAKUKU

Gaya Hidup, Teknologi, Inspirasi Dan Motivasi

Puncak Salaka Nagara Bogor, Liburan Murah Di Tanah Pajajaran

Buat kamu yang otaknya sudah pusing tujuh keliling, penuh dengan rutinitas yang membosankan dan membuat kamu lelah, sudah saatnya kamu liburan. Upgrade otakmu dan refresh matamu dengan pemandangan alam yang hijau, gunung yang membiru, udara yang sejuk dan langit yang cerah. Sudah tentu menyenangkan jika bisa menikmati pemandangan alam yang indah itu tapi tidak bisa menikmatinya karena nothing budget? Kamu bisa berkunjung me Puncak Salaka Nagara, Bogor.

Lokasi yang mudah di jangkau

Objek wisata alam ini terletak di barat Bogor, tepatnya di Kecamatan Pamijahan. Akses menuju lokasi sangat mudah sekali dijangkau baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Serunya lagi, untuk memasuki kawasan puncak salaka Nagara, kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang besar. Hanya bermodal sepeda motor dan bensin 4 liter serta uang 15 ribu saja kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah dengan spot-spot foto yang menakjubkan yang akan menghias indah media sosial kamu seperti instagram.

Untuk bisa mencapai lokasi, jika kamu berasal dari Jakarta atau Tangerang, langkah yang harus kamu tempuh adalah menuju pusat Kota Leuwiliang terlebih dahulu. Dari pusat Kota Leuwiliang, kamu bisa cari pertigaan Batok. Dari situ kamu tinggal lurus saja menuju Kecamatan Pamijahan. Jangan takut nyasar, karena objek wisata ini berada satu kawasan dengan Curug Cigamea dan Puncak Mustika Manik yang sudah terkenal. Jika kamu masih kebingungan, kamu bisa bertanya ke warga sekitar yang terkenal keramah tamahannya suku sunda Bogor. Warga sekitar pasti tahu dan akan mengarahkan kamu dengan baik. Yang penting kamu sopan ya saat bertanyanya, kamu bisa mengucapkan kata punten terlebih dahulu. Warga biasanya sangat senang jika ada orang yang bertanya mengucapkan kata punten terlebih dahulu. Karena di suku sunda, kata tersebut merupakan kata yang sakral dalam bertamu ke wilayah orang yang wajib di ucapkan saat bertanya atau berpapasan.

Jika kamu belum tahu objek wisata Cigamea atau Puncak Mustika Manik, dari Kota Leuwiliang, kamu tinggal cari pertigaan Batok dan menuju jalan Jl. Kapten Dasuki Bakri. Dari situ kamu tinggal lurus saja menuju Jalan Pamijahan hingga Jalan Raya Gunung Salak Endah. Nanti kamu bakal ketemu gerbang masuk Objek Wisata Curug Cigamea dan Puncak Mustika Manik. Kamu bakal dipintain tiket masuk area wisata sebesar Rp 15.000 rupiah. Tiket itu hanya untuk masuk ke area wisata. Kalau kamu mau masuk ke wisata Curug Cigamea atau Puncak Mustika Manik, kamu harus beli tiket lagi.

Sementara untuk masuk ke area wisata Puncak Salaka Nagara, berada di luar gerbang wisata. Jadi sebelum gerbang wisata, sekitar 50 meter, kamu tinggal belok saja ke arah kanan dan tidak jauh dari jalan raya. Sebenarnya Puncak Salaka Nagara itu berdampingan dengan Puncak Mustika Manik. Bedanya, kalau puncak Salaka Nagara ada di bawah sementara Puncak Mustika Manik berada di atas. Jadi kalau kamu masuk ke Objek Wisata Puncak Salaka Nagara, kamu tidak perlu kelelahan untuk naik perbukitan lagi, karena ketika masuk gerbang wisata, kamu sudah ada di puncaknya. Berbeda dengan Puncak Mustika Manik, kamu harus menaiki ratusan anak tangga yang dijamin bakal bikin kaki kamu pegal-pegal dan kehabisan nafas. Apalagi bagi kamu yang tidak terbiasa jalan kaki atau naik gunung. Jadi Puncak Salaka Nagara bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu yang tidak mau capek jalan kaki.

Untuk urusan pemandangan, Puncak Salaka nagara memiliki view tersediri yang sangat menarik dan bikin kamu terkesan. Kamu akan menikmati pemandangan hijau yang membiru disekeliling puncak salaka nagara. Banyak banget spot-spot foto yang sangat menarik yang bakal memenuhi instagrammu. Yakin deh, orang-orang yang melihat instagram-mu bakal ngiri sama kamu. Untuk tiket masuk pun, sangat murah sekali. Hanya mengeluarkan uang Rp 20.000 sudah termasuk tiket parkir, kamu bisa menimati pemandangan yang menakjubkan di kawasan alam pajajaran. Selain itu untuk akses  menuju kesini, sangat seru. Kalian bisa menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Yang penting sih kendaraan kalian dalam keadaan siap alias sehat karena kalian akan melewati jalanan yang terus menanjak.

Budget liburan yang nyaman di kantong

Untuk masalah persiapan budget, tidak perlu dirisaukan. Jika kalian menggunakan sepeda motor, kalian hanya perlu menyiapkan dana untuk beli bensin. Lalu siapkan pula dana untuk masuk wisata Salaka Nagara sebesar Rp 20.000,- Kalau kalian lapar atau haus, kalian bisa beli makanan dan minuman yang ada di warung-warung warga sekitar objek wisata. Tenang saja, untuk masalah harga tidak akan terlalu menguras isi kantong kalian. Nah kalau mau lebih irit lagi, kalian bisa bawa bekal makanan dan minuman dari rumah asal nanti jangan buang sapah sembarangan disana. Sampah makanan bisa kalian bawa atau masukan ke dalam tas kalian, nanti pas ada tong sampah baru deh buang sampah makanan kalian.

Jadi kalau ditotal biaya liburan kesini jika kalian dari jabodetabek dan menggunakan kendaraan sepeda motor hanya menghabiskan Rp 70.000 saja (bensin Rp 50.000 + tiket Rp 20.000) jika kalian dari rumah membawa bekal makanan dan minuman. Cukup murah banget bukan. Buat kalian yang ingin liburan alam untuk me-refresh otak dan mata agar segar kembali tanpa menghabiskan uang, rasanya Puncak Salaka Nagara sudah sangat tepat sekali untuk menjadi tujuan objek wisata kalian. Selamat berlibur 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *