KUKAKUKU

Gaya Hidup, Teknologi, Inspirasi Dan Motivasi

Merasa Jiwa Muda, Kamu Wajib Pakai Ponsel Berfitur NFC

nfc

Ada yang suka bepergian naik busway? Atau yang biasa menggunakan Commuter Line? Atau kalian yang suka keluar masuk tol baik dalam kota maupun luar kota? Sudah tahu dong teknologi NFC. Karena jika kalian tipe orang yang disebutkan tadi, berarti kalian adalah orang-orang yang kesehariannya memanfaatkan teknologi NFC. Karena kalian sudah menggunakan tiket kereta atau e-money yang kalian gunakan untuk masuk ke stasiun kereta dan halte busway sudah mengadopsi teknologi NFC.

Lalu apa sih NFC itu?

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. Teknologi ini digunakan untuk bertukar data antara device dimana proses pertukaran data ini cukup cepat dibanding menggunakan teknologi bluetooth. Di jaman modern dan serba cepat seperti sekarang ini, teknologi NFC banyak dimanfaatkan diberbagai industri, baik transportasi maupun retail. Misal untuk pembayaran di minimarket, supermarket, pembayaran tiket kereta maupun busway. Kita hanya tinggal tap ponsel kita ke NFC reader untuk membaca data pada ponsel kita. Sekarang teknologi NFC ini sudah diterapkan pada kartu elektronik seperti e-money yang dikeluarkan oleh beberapa bank, tiket Commuter Line dan juga busway.

Ini dia asyiknya menggunakan teknologi NFC

Jika kamu suka traveling atau bepergian menggunakan transportasi umum seperti kereta (Commuter Line) ataupun busway, serta sering keluar masuk tol, kamu wajib memiliki uang elektronik atau biasa disebut electronics money (e-money), dimana dalam kartu e-money ini, terdapat saldo yang bisa kamu top up baik di atm atau di merchantmerchant yang kerja sama. Jadi kamu tidak perlu lagi ngeluarin uang di dompet, bahkan kamu jalan kemana-mana tanpa perlu membawa dompet lagi. Tinggal tap langsung go. Saat lapar, kamu tinggal pergi ke minimarket, ambil barang yang kamu mau, lalu tap e-money kamu dan go. Semudah itu tanpa harus menunggu uang kembalian lagi.

Lebih seru lagi kalau NFC ada di ponsel kamu

Kamu akan merasakan begitu praktis dan mudahnya ketika fitur nfc ada pada ponsel kamu. Semua transaksi pembayaran kamu tinggal tap and go pakai ponsel kamu. Transaksi apa saja yang bisa memanfaatkan teknologi nfc di ponsel? Untuk saat ini yang kukakuku rasain asyiknya pakai fitur nfc adalah berbelanja di merchant dan bayarnya tinggal tap ponsel pada reader nfc yang ada di merchant lalu go. Simple banget pokoknya dan sangat memudahkan untuk mengatur pengeluaran kita sehari-hari karena semua data transaksi terekam di ponsel kita yang bisa kita akses dan lihat kapan saja. Lalu gimana cara menggunakan fitur nfc ini untuk berbelanja di merchant?

Yang harus kalian lakukan pertama kali adalah download aplikasi t-cash milik telkomsel. Tentunya kamu harus memiliki ponsel berfitur nfc dengan operator telkomsel. Kenapa harus pilih aplikasi t-cash? Kamu harus baca Untung Pakai T-Cash Hemat dan Praktis Dalam Genggaman karena kamu akan banyak tahu manfaat dari t-cash ini. Dengan t-cash kamu bisa memanfaatkan fitur nfc yang ada pada ponsel kamu untuk membayar merchant. Karena selama ini yang kita tahu, t-cash mengeluarkan stiker nfc yang di tempel di belakang ponsel untuk transaksi di merchant dengan cara di tap pada stiker. Dengan ponsel nfc, maka stiker tersebut bisa kita gantikan fungsinya. Kita tinggal koneksikan saja nfc dengan aplikasi t-cash lalu tinggal tap and go di merchant. Serunya lagi kalau kamu berbelanja diberbagai merchant yang kerja sama dengan t-cash, kamu bisa mendapat potongan harga loh. Jadi bakal bikin asyik nongkrong kamu sama teman-teman kamu. Saat mama kamu teriak kehabisan token listrik, kamu tinggal beli lewat t-cash. Saat kamu kehabisan kuota dan pulsa, kamu juga bisa beli lewat t-cash. Bahkan di tengah malam pun saat semua konter pulsa dan minimarket yang jual pulsa tutup, kamu tetap bisa beli pulsa dan token listrik diponsel kamu melalui t-cash. Mudahnya hidup ya begini. Semuanya serba ada dalam genggaman.

Kalu kamu mau naik kereta, busway ataupun masuk tol, dan e-money kamu kehabisan saldo, kamu tidak perlu bingung harus cari atm maupun minimarket untuk top up saldo. Kamu tinggal buka aplikasi mobile banking kamu dan tap kartu e-money di belakang ponsel kamu. Lalu tinggal pilih mau isi saldo berapa dan tinggal go masuk tol. Gampang kan, gak perlu ngemis-ngemis ke pengendara mobil dibelakang kamu meminjam e-money-nya hanya karena kartu emoney kamu saldonya tidak mencukupi. Bahkan kemungkinan besar kedepannya, kamu bisa menggunakan ponsel kamu tidak hanya untuk isi ulang emoney dan belanja di merchant saja, kemungkinan besar kedepannya saat kamu naik kereta maupun busway, kamu tinggal tap menggunakan ponsel kamu sebagai pengganti kartu emoney. Dan semua kemudahan transaksi kamu ada dalam genggaman tangan kamu. Kita tunggu saja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *