KUKAKUKU

Gaya Hidup, Teknologi, Inspirasi Dan Motivasi

Jago Jualan Online Tanpa Modal

jualan online tanpa modal

Belanja online sekarang sudah menjadi salah satu trend masyarakat Indonesia. Dengan dukungan pihak expedisi yang sudah banyak dan berpengalaman dalam menjangkau ke pelosok desa terpencil sekalipun, menjadikan trend belanja online semakin tumbuh besar di Indonesia, dengan terbukti maraknya pasar online yang sudah berkembang baik dengan nama yang sudah besar maupun baru start up. Jika kita sadari, hampir setiap hari kalau kita bermain sosial media, banyak sekali iklan-iklan berwara-wiri menawarkan produk-produk mereka. Lalu apakah kita hanya akan jadi penikmat saja melihat maraknya pasar online yang sedang tumbuh ini?

Maraknya pasar online dan budaya belanja online yang sudah menjamur ini, harusnya kita jadikan peluang sebagai ladang penghasilan kita. Apalagi kemudahan marketing online yang sekarang bisa kita lakukan diberbagai platform sosial media. Kita bisa bermain sosial media sambil jualan dan bisa menghasilkan uang. Lalu bagaimana bisa jualan online tanpa memiliki modal besar?

Ada banyak jalan menuju roma. Jika kita ada kemauan untuk maju dan berkembang, maka jalan menuju kesana pun akan selalu terbuka bagi orang-orang yang mau kerja keras dan berusaha. Sekarang ada istilah dropship, dimana kita bisa jualan online tanpa harus memiliki barang. Bahkan kita tanpa perlu harus packing barang sama sekali. Jadi dropship merupakan sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang secara fisik. Jadi jika terjadi transaksi atau order, maka penjual akan meneruskannya ke pihak distributor atau supplier untuk memperoses orderan tersebut.

Apakah jadi dropshiper menguntungkan?

Tentu saja sangat menguntungkan karena kita tidak perlu repot-repot untuk mengurus stok barang dan tidak perlu memiliki modal yang besar. Bahkan modal nol rupiah pun kita sudah bisa jualan. Kita tinggal cari supplier, lalu kita tawarkan produk-produk mereka ke sosial media yang kita miliki. Dan kita bisa mengatur harga sesuai margin yang kita inginkan. Bahkan kita bisa mendapatkan margin sebesar 100% loh. Misalkan harga barang di supplier 50 ribu, maka kita bisa menjualnya menjado 100 ribu. Untuk mendapatkan supplier yang bagus, sialhkan baca tips berikut ini Trik Mendapatkan Supplier Terbaik

Sebelum menjadi dropshiper, sebaiknya kita tahu dulu rencana kita jualan online. Market yang akan kita tuju dan produk yang akan kita jual. Ini menjadi hal yang paling penting sebelum kita akan memulai jualan online dengan cara dropshiper. Setelah kita tahu market dan barang yang akan kita jual, hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita akan memasarkan produk tersebut. Apakah melalui sosial media, door to door, membuat ecommerce, website pribadi, blog, atau marketplace.  Setelah anda menentukan media yang akan anda gunakan untuk jualan online, saatnya anda mencari distributor ataupun supplier yang akan anda ajak kerja sama. Banyak sekali distributor yang menawarkan kerja sama dengan cara reseller maupun dropshiper. Tapi kita harus lebih hati-hati dan teliti dalam memilih distributor atau supplier. Karena jika kita salah pilih, ini akan berdampak buruk bagi citra usaha online anda. Misalkan saja, anda sudah memiliki pesanan dari customer anda, tapi pihak distributor atau supplier tidak mampu menyediakan barang atau sulit dihubungi, maka ini sangat merugikan diri anda dan akan membuat kecewa customer anda. Sekali anda membuat kecewa customer anda, maka customer tersebut biasanya malas untuk kembali berbelanja di toko online anda. Jadi ini harus benar-benar anda perhatikan. Silahkan baca Trik Mendapatkan Supplier Terbaik

Lakukan uji coba order barang dari supplier

Langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba order barang dari supplier. Ini bertujuan untuk mengukur kejujuran supplier. Apakah barang yang kita pesan tersedia dan barang sesuai dengan pesanan. Apakah dalam paket pengiriman, supplier tidak mencantumkan alamat dia dan menggunakan alamat kita sebagai dropshiper. Ini sangat penting sekali. Karena jika order yang kita kirim ke customer dan menggunakan nama pengirim dari supplier bukan dari toko kita, ini akan berdampak buruk. Selain customer kebingungan, karena beda toko, juga customer akan beralih untuk berbelanja langsung ke supplier. Jika terbukti supplier tidak menggunakan nama toko online kita sebagai pengirim, silahkan cari supplier lain yang bisa dipercaya. Jika supplier sudah berlaku jujur mengirim barang berdasarkan pengirim atas nama toko online kita, langkah selajutnya adalah melakukan pengecekan barang. Apakah barang sesuai dengan harga dan kwalitas. Ini menjadi sangat penting sekali. Kualitas barang dalam jual beli online menjadi hal yang penting. Karena jika barang yang kita jual kualitasnya rendah, customer akan merasa kapok dan meninggalkan toko kita. Carilah barang yang kualitasnya bagus walau dengan harga sedikit lebih mahal. Jangn berpatokan mencari barang dengan harga yang rendah. Karena ini akan menjadi boomerang nantinya jika kualitas barang tidak sesuai harapan. Lebih baik lagi jika kita bisa mendapatkan barang dengan harga murah dan kualitas baik. Jadi melakukan uji coba order pada supplier merupakan cara yang paling baik untuk mengetahui kualitas barang dan kejujuran pihak supplier.

Kelemahan sistem dropshiper

Jualan dengan sistem dropshiper memang menguntungkan, terutama bagi kita yang ingin buka usaha tapi tidak memiliki stok barang dan modal yang cukup. Dropshiper mendaji pilihan terbaik dan cukup menghasilkan jika kita mampu mengerjakannya dengan baik dan teliti. Walau demikian, jualan dengan sistem dropshiper memiliki kelemahan yang harus benar-benar kita perhatikan sebelum membuka usaha toko online dengan sistem dropshiper. Kelemahan yang paling utama adalah tidak bisa mengontrol stok barang. Ini yang paling utama dalam hal sistem dropshiper. Sering kali terjadi penjualan, tetapi barang yang tersedia di supplier sudah sold out. Hal ini dikarenakan banyaknya para dropshiper yang menggunakan supplier tersebut sehingga kita harus rebutan stok dengan dropshiper lain. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa baca Trik Mendapatkan Supplier Terbaik. Kelemahan lainnya adalah kualitas barang. Karena kita tidak memegang fisik secara langsung, maka kita tidak tahu kualitas barang yang akan kita jual. Ini akan menjadi masalah ketika banyak customer menanyakan hal lebih detil lagi mengenai barang yang kita jual. Kita juga tidak tau apakah barang yang kita jual ke customer dengan kualitas baik sesuai harapan atau justru malah sebaliknya. Untuk mengatasi kelemahan dalam sistem dropshiper, kita bisa melakukan uji coba dulu order ke supplier. Silahkan baca Trik Mendapatkan Supplier Terbaik.

Itulah sekilas tentang trik dan tips bagi kalian yang ingin membuka usaha toko online tapi tidak memiliki modal dan stok barang. Jika anda teliti dan pandai memainkan strategi menjadi seorang dropshiper, anda bisa mendapatkan penghasilan yang melebihi gaji seorang karyawan kantoran. Kesuksesan ada pada diri kita masing-masing, tinggal tergantung pada usaha dan ikhtiar dari diri kita masing-masing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *