KUKAKUKU

Gaya Hidup, Teknologi, Inspirasi Dan Motivasi

Investasi Atau Menabung? Ini Jawabannya

investasi atau menabung

Pernah terpikir dibenak kalian akan investasi? Atau yang kalian pikirkan hanya menabung? Atau bahkan tidak ada dalam pikiran sama sekali kedua pilihan itu. Jika tidak ada dalam pikiran kalian, kalian tepat baca artikel ini, karena sudah saatnya kalian menabung atau investasi. Anak muda punya tabungan atau simpanan memang keren loh. Anak muda sudah berpikir akan masa depan dan investasi, itu sangat jarang. Jika kamu merupakan salah satunya, Kukakuku akan mengubah pola pikir kamu untuk mulai menabung atau berinvestasi. Lalu yang bagus itu menabung atau investasi sih? Apa harus dua-duanya?

Investasi dan menabung itu beda

Investasi dengan tabungan itu jelas berbeda. Investasi itu bersifat jangka panjang, dan semakin panjang jangkanya, maka semakin besar keuntungan yang kita dapat. Karena uang yang kita investasikan akan terus tumbuh seperti kita menanam benih tumbuhan. Semakin hari semakin tumbuh tanpa di gerogoti biaya admin. Sementara tabungan sifatnya hanya untuk menyimpan uang atau aset kekayaan kita. Uang kita tidak akan bertambah tapi justru malah sebaliknya akan berkurang karena di gerogoti biaya admin tiap bulan. Belum lagi yang namanya inflasi yang tiap tahun naik. Makin berkurang deh nilai tabungan kita. Tapi kalau kita jeli, sekarang sudah ada tabungan yang bebas biaya admin. Jadi uang kita akan tetap utuh tanpa ada kebocoran. Sudah banyak produk tabungan yang membebaskan biaya admin yang dikeluarkan oleh bank-bank besar seperti Digibank by DBS, Mandiri, BCA, CIMB Niaga dan bank-bank lainnya. Kalian bisa dapatkan informasi langsung mengenai tabungan bebas biaya admin dengan mengunjungi kantor cabang terdekat dikota anda.

Investasi yang cocok untuk kamu

Lalu jika ingin investasi, investasi apa sih yang cocok buat kita anak muda yang cukup sibuk dengan berbagai kegiatan dan malas menabung? Kamu bisa melirik investasi reksadana loh. Reksadana merupakan investasi yang cukup mudah dan menguntungkan. Mudah karena hanya dengan modal 100 ribu kita sudah bisa beli reksadana bahkan ada reksadana yang bisa dibeli mulai dari 10 ribu saja. Mudah karena hanya dengan online kita sudah punya akun reksadana. Tinggal duduk manis dimana saja kamu sudah bisa punya reksadana. Ajaib bukan! Menguntungkan karena uang kita setiap bulannya terus tumbuh. Bahkan marginnya pertahun bisa sampai 8% mengalahkan bunga deposito bank. Lalu dimana kalian bisa mempelajari dan beli reksadana? Kalian bisa mencoba melipir ke website bareksa.com atau invisee.com karena selain kalian bisa beli berbagai reksadana disana secara online, kalian juga bisa mempelajari reksadana disana. Banyak sekali pembahasan mengenai reksadana yang bermaanfaat bagi inverstor pemula. Atau kalian juga bisa langsung bertanya di media sosial bareksa.com maupun invisee.com. Tidak hanya itu saja sebenarnya, masih banyak portal ecommerce yang menyediakan reksadana, seperti tanamduit.com, bukalapak, tokopedia dan yang lain-lainnya.

Aman nggak sih?

Lalu aman gak sih kalau kita investasi reksadana? Takut terjebak investasi bodong yang marak diluaran sana. Kalau menurut kukakuku sangat aman dibanding menabung di bank yang bisa dibobol hacker akun bank kita atau dibobol kartu atm kita dan lain sebagainya. Karena sepengalaman kukakuku dalam berinvestasi reksadana sangat aman. Investasi reksadana memiliki beberapa lapis keamanan loh, misal walau akun kita dibobol, si pembobol tidak akan bisa menjual reksadana kita, karena reksadana yang akan dijual, nama bank dan akun reksadana kita harus sama. Misal nama kamu di reksadana Kasep Kataji, maka uang yang akan dicairkan hasil penjualan reksadana harus ditransfer ke rekening bank yang bernama Kasep Kataji juga. Jika tidak sama, pihak reksadana akan menolak proses penjualan reksadana kamu. Karena uang yang akan kita cairkan harus ke rekening atas nama kita sendiri. Jadi kita tidak bisa cairkan dana ke rekening nama orang. Jika ada pergantian data di website atau aplikasi reksadana, pihak reksadana akan menelpon kita untuk melakukan konfirmasi data apakah benar kita yang melakukan perubahan data atau bukan. Jadi menurut kukakuku sih cukup aman.

Jadi sekarang pilih investasi atau menabung? Kalau menurut kukakuku dua-duanya sangat penting. Karena kita harus punya prinsif, kita tidak boleh menyimpan aset kekayaan kita hanya pada satu tempat saja. Istilah pribahasa, jangan menyimpan telur dalam satu keranjang, karena jika pecah satu bisa kena semuanya. Begitu juga dengan menyimpan aset keuangan kalian. Jangan pernah simpan uang dalam satu saku atau dompet saja. Kalau hilang dompet satu, kita masih punya uang di dompet yang lainnya. Jadi kamu bisa menabung dan juga berinvestasi. Lalu investasi apa yang cocok untuk anak muda? Salah satunya adalah reksadana. Karena sangat simple, mudah dan terjangkau tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *